Social Icons

Sabtu, 02 Maret 2013

7 Jenis Barang Laris Untuk Anak Boarding/Asrama/Pesantren


Siapa bilang kalo anak boarding itu gak bisa jualan. Salah besar kalo kamu berpresepsi seperti itu. Buktinya sudah banyak yang mencibanya dan berhasil. Sekarang giliran kamu. Untuk mengisi luang, ingin mencari pemasukan tambahan atau hanya sekedar menjalankan hobi, kamu bisa berjualan di lingkungan sekolahmu. Tapi..sebelum berjualan kamu harus mempunyai target pasar sehingga kamu mengetahui barang apa yang harus kamu jual. Baik, saya akan berbagi pengalaman kepada kamu barang apa saja yang kira-kira laku di lingkungan asrama/boarding. Ini berdasarkan pengalaman lho..  (sudah teruji) 

1. Jualan Makan Gopek-an
Bagi pemula, kmau bisa mencoba berjualan makan ringan yang harganya murah, yang satuannya Rp. 500,- contoh barangnya seperti chocolates, Gerry, better, fullo, dll (bukan untuk promosi, Cuma contoh semata) jika kamu mengambil satu packnya ke agen makanan ringan, harganya kisaran Rp. 20.000,- dalam satu pack biasanya berisi 22 buah snack gopean. Walaupun untungnya tidak terlalu besar, tapi kalo dilakukan secara continue hasilnya lumayan buat nambahin uang saku sebulan dan  saya yakin barang ini bakal laku. Kamu bisa menawarkannya sewaktu di kelas,atau di kamar kepada teman-temanmu. Biasanya yang membeli adalah mereka yang males jalan ke kantin. Jadi, kamu punya kesempatan untuk ini.

2.  Jualan Permen
Kalo di kelas temen-temen itu pada ngantuk. Ini peluang untuk menghasilkan uang. Kamu bisa jualan permen. Satu pack permen harganya sekitar Rp. 5000,- biasanya isinya ada 50 buah. Kamu dapat menjualnya Rp.500,- per 3 buah. Itu artinya dengan modal Rp.5000,- kamu bisa untung sekitar Rp.6000,-an  Lumayankan?

   Jualan Snack Kiloan
Mau yang lebih menanatang? Kamu bisa berjualan sanck kiloan seperti bala-bala, chochocrunch, kopyor, dll. Ini perlu modal agak gede. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk membuat tim. Biasanyanya harga satu pack besar kisaran Rp. 25.000,-sampai Rp. 50.000,- Mampir juga ke toko plastic untuk membeli plastic sebagai pengemasnya. Biar menarik konsumen, pasang label produk atau brand. Contoh: TTS, singkatan dari Tri Touland Snack. Bila sudah dikemas, kamu bisa menjualnya seharga Rp. 2.000,- harga ini cukup murah buat kalangan anak boarding.

4.   Jualan Under Ware
Untuk jualan yang seperti ini, memang sedikit menggelikan. Tapi ini  sebuah peluang bila temen-temen sadari. Beberapa anak boarding itu, UW pada ilang-ilangan. Entah kelempar-lempar atau jatuh pas dijemur, terus keseret2 deh..(ihh..) dan harg di UW di koperasi atau di mini market relatif mahal (bagi orang-orang yang kera). Kita cari produsen UW yang cukup berkualitas tapi harga juga murah. Hal ini dapat menefesiensi pengeluaran di akhir bulan atau pada saat uang saku belum ditransfer. Pasang harga Rp.10.000,- Berani mencoba ??

5.   Jualan Parfum
Dalam beribadah, setiap kita dituntut untuk rapi dan bersih. Nah, ada peluang juga buat temen-temen. Berjualan parfum. Cari agen dan pilih jenis parfum dengan harga terjangkau. Paling murah itu Rp.10.000,- untuk harga sedang Rp.15.000,- silahkan pilih aja parfum yang wangi pastinya yang pas buat anak muda.

6.   Jualan Jersey
Hampir seluruh orang di dunia menyukai sepak bola. Nggak anak-anak, bapak-bapak, hingga kakek-kakek. Di boarding ada ratusan anak yang bisa dijadikan target pemasaran dan pasar paling baik untuk ini ada pada siswa SMP, khususnya anak kelas tujuh. (ehmm.. yammyy) untuk mendapatkan barangnya, kamu harus pergi ke outlet jersey. Buat perjanjian dengan pihak setempat, seperti Adidas. Harga jersey ditentukan dengan tingkatannya. Ada tingkat KW, KW1-3, KW SUPER, GRET  ORI atau ORI. Tinggal mana yang kamu pilih. Bila jersey tingkat  GREAT ORI, harganya sekitar Rp.150.000,- (untuk lebih jelasnya bisa cek langsung ke outlet jerseynya). Kemudian kamu bisa jual ke temen-temen dengan kisaran harga Rp.160.000,-(sesuaikan pasar) dan sekali promote, kamu bisa mendapatkan lebih dari satu pembeli. Aminn..

7.   Jualan Distro Muslim
Untuk jualan distro muslim kamu harus buat perjanjian dulu kepada supplier distro. Temui mereka di FB atau di event-event seperti Islamic Book Fair atau di pameran2. Ada banyak merk seperti Shaf, Faza, Jstreet, Qhaf, Anynomous La Familia, dll. Untuk pembelian pertama, disarankan untuk bertemu tatap  dengan sang supplier. Tujuannya untuk memastikan bahwa kita sedang bekerja sama dengan orang yang benar. Tapi, kalo tempat mereka jauh mohon dipertimbangkan. Disarankan memilih distro yang dekat dengan lokasi sekolahmu ini bertujuan untuk menghemat biaya ongkir. Ini akan bersaing pesat dengan jualan jersey. Kelebihan yang pada bisnis ini… jarangnya orang menjual DISTRO tapi ISLAMI. Tips selanjutnya cari distro dengan berbahan adem, contohnya bahan berbahan combad 24-…. Juga kamu mesti cari sablonan yang menarik, tidak terlalu polos tapi tidak terlalu ekstrim. Sesuaikan dengan keadaan pasar. Perlu diketahui, distro muslim itu kalo di luar harganya nyampe Rp.100.000,- ke atas jadi pinter2 cari harga yang pas bila dibeli perlusinnya sehingga kamu dapat menjualnya dengan harga yang terjangkau.


Buat kamu yang ingin berjualan, ini bisa mejadi referensi bahan daganganmu. Memang bisnis ini sudah dirasakan manfaatnya, tapi tergantung kondisi sekolahmu. Tambahan, sisipkan hal-hal yang menarik konsumen. Pakai trik “SKALABILITAS” dan juga kamu harusme lihat selera temen-temen di sekolah karena setiap tempat kan beda-beda. Ya, cukup sekian. Semoga sukses!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text